Contoh Susunan Makalah Lengkap yang Baik dan Benar

Contoh Susunan Makalah Lengkap yang Baik dan Benar –  Sahabat arenainfo.xyz yang  berbahagia di kesempatan kali ini kami akan memberikan info mengenai Contoh Susunan Makalah, Namun sebelum kami membahas Contoh susunan Makalah kami akan terlebih dahulu membahas mengenai pengertian Makalah. Yang mana Makalah merupakan suatu karya tulis ilmiah yang memiliki bahasan pokok masalah dan mencakup ruang lingkup tertentu. Makalah bisa diartikan juga sebagai karya akademis yang diterbitkan pada suatu jurnal yang bersifat ilmiah. Menurut beberapa ahli, makalah diartikan oleh Tanjung dan Ardial sebagai karya tulis yang memuat pemikiran suatu masalah topik tertentu dan ditulis dengan cara yang sistematis dan juga disertai dengan analisis yang rasional dan objektif.

Jenis-Jenis Makalah

Berbicara mengenai jenisnya, makalah dapat dibagi menjadi 3 kelompok besar. Berikut adalah pembagiannya menurut sifatnya.

1. Makalah Deduktif

Makalah deduktif yaitu sebuah makalah yang berdasarkan pada kajian teoritis dan relevan dengan permasalahan yang sedang dibahas.

2. Makalah Induktif

Berikutnya yaitu makalah induktif. Makalah ini merupakan suatu makalah yang ditulis berdasarkan data yang empiris dan bersifat objektif berdasar pada apa yang diperoleh dari lapangan. Namun makalah ini tetap relevan sesuai dengan pembahasan.

3. Makalah Campuran

Yang terakhir yaitu makalah campuran. makalah ini disusun sesuai kajian toritis dan juga data empiris. Maksudnya, makalah campuran ini merupakan penggabungan dari makalah deduktif dan juga makalah induktif.

Makalah campuran  itu sendiri masih dibagi menjadi 6 bagian. Berikut adalah pembagian makalah campuran.

  • Makalah ilmiah – makalah ini biasanya membahas permasalahan yang ditulis dari hasil studi ilmiah dan jenis makalah ini tidak berdasarkan pendapat atau opini dari penulis yang bersifat subyektif
  • Makalah kerja – biasanya makalah ini diperoleh dari hasil sebuah penelitian dan memungkinkan seorang penulis makalah tersebut berargumentasi dari permasalahan yang dibahas yang didapatkan dari sebuah proses penelitian dan itu artinya opini yang bersifat subyektif dari penulis lebih memungkinkan pada makalah jenis ini
  • Makalah kajian – isi dari makalah ini biasanya sebagai sarana pemecahan suatu masalah yang bersifat kontroversial
  • Makalah posisi – istilah ini digunakan untuk karya tulis yang disusun atas permintaan suatu pihak yang fungsinya sebagai alternatif pemecahan masalah yang kontroversial. Prosedur pembahasan dan penulisannya dilakukan secara ilmiah
  • Makalah analisis – sifat dari makalah ini adalah obyektif-empiris
  • Makalah tanggapan – biasanya makalah ini sering dijadikan sebagai tugas mata kuliah bagi mahasiswa yang isinya merupakan reaksi terhadap suatu bacaan
Pada saat kita akan membuat atau menyusun makalah, sudah seharusnya berpedoman pada kerangka makalah. Kerangka makalah yang baik dan benar terdiri dari:
  1. Cover
  2. Daftar Isi
  3. Kata Pengantar
  4. Bab I Pendahuluan
  5. Bab II Pembahasan
  6. Bab III Penutup
  7. Daftar Pustaka
  8. Lampiran

Contoh Susunan Makalah Lengkap yang Baik dan Benar

1. Cover Pada bagian cover, akan terdapat lagi bagian-bagiannya, yaitu :

Contoh Cover Makalah

Contoh Cover Makalah

  • Judul makalah itu sendiri
  • Tujuan dari pembuatan makalah tersebut
  • Nama Si Pembuat
  • Logo Suatu Lembaga
  • Nama lembaga dan juga alamatnya
  • Tahun ajar / akademik.

 

2. Kata Pengantar yang baik berisi tentang:

Contoh kata Pengantar

Contoh kata Pengantar

  • kalimat-kalimat syukur kepada Allah SWT
  • ucapan terima kasih kepada semua pihak yang berperan dalam penyusunan makalah
  • alasan pembuatan makalah
  • harapan dan juga kesediaan menerima kritik dan saran
  • Penutup

3. Daftar Isi

Daftar isi memiliki tujuan untuk memberikan kemudahan bagi pembaca untuk memahami isi serta mencari materi terdapat dalam makalah tersebut.

Contoh Daftar Isi

Contoh Daftar Isi

4. BAB I

Dalam Pendahuluan Makalah kita harus menuliskan sesuai dengan kerangkanya yaitu terdiri dari:
Contoh Bab I
BAB I Pendahulu
  1. Latar Belakang
  2. Rumusan Masalah
  3. Tujuan
  4. Manfaat

5. BAB II Pembahasan

Contoh BAB II

bab II

Pembahasan Makalah merupakan isi dari makalah. Referensi dan sumber yang terkait dengan penelitian dalam makalah. Dalam Pembahasan Makalah inilah semua materi tinjuan pustaka, hasil penelitian berupa wawancara, observasi lapangan, kegiatan eksperimen laboratorium dan lain-lain ditulis secara detail untuk menjawab point-point penting yang dirumuskan dalam rumusan masalah pada Bab I makalah. Untuk Contoh Pembahasan Makalah ini anda bisa lihat pada setiap contoh makalah yang ada di sini.

6. BAB II Penutup

Contoh BAB III

 

Bab III

Penutup Makalah ini biasanya berisi:
  1. Kesimpulan; yaitu kesimpulan atau hal apa yang menjadi pemecah masalah dalam makalah.
  2. Saran; memberikan beberapa saran tentang hal yang berhubungan dengan isi makalah.

7. Daftar Pustaka

Contoh Daftar Pustaka

Daftar pustaka

Daftar pustaka berisi sumber-sumber referensi yang dijadikan sebagai rujukan dalam penulisan makalah. Sumber rujukan bisa berupa buku, jurnal, skripsi, berita atau dari internet. Masing-masing sumber memiliki cara penulisannya sendiri dalam penulisan pustakanya.

Nah, itulah Contoh Susunan Makalah Lengkap yang Baik dan Benar yang dapat kami berikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi sahabat semua yang akan menyelesaikan tugas untuk membuat makalah.

contoh makalah kewirausahaan di era globalisasiKUMPULAN MAKALAH CUCI TANGANLose/lose di mana tidak ada satu pihak pun yang menang atau kalahmakalah filsafat pendidikan tentang aksiologi ilmu pendidikancontoh kesimpulan nugget tempeteks pendek argumentasicara membuat makalah ipabudaya pt indofoodbagaimana cara membuat bab1 atau latar belakang penelitian yang baikaskep dbd pdf