Contoh Paragraf Argumentasi Singkat

Contoh Paragraf Argumentasi Singkat

Contoh Paragraf Argumentasi - Sahabat Warna kali ini admin akan sedikit berbagi contoh mengenai paragraf argumentasi, mungkin anda sebagian pasti udah tahu apa yang disebut paragraf argumentasi. Paragraf argumentasi adalah sebuah paragraf yang gagasan utamanya dikembangkan dengan cara menjabarkan pendapat, ulasan, bahasan, atau ide pribadi penulisnya. Tujuan dari paragraf ini adalah untuk menyakitkan, atau mempengaruhi pembaca agar memiliki pendapat yang sama dengan pendapat penulis. 

Agar tujuan tersebut dapat tercapai, paragraf ini harus disertai dengan fakta-fakta aktual seperti data, hasil research,teori ahli, contoh, dan lain-lain. Hal ini dilakukan untuk menguatkan pendapat-pendapat yang dijabarkan dalam paragraf tersebut, sehingga pendapat Anda tidaklah sekedar omong kosong dan pembaca akan merasa yakin dan sependapat dengan pemikiran Anda. 

Ciri-ciri Paragraf Argumentasi

Berdasarkan pengertian di atas, suatu paragraf dapat dikatakan paragraf argumentasi jika memiliki ciri-ciri berikut ini.
  • Berisi pendapat, pandangan, atau keyakinan penulis terhadap suatu permasalahan.
  • Memiliki data-data faktual yang digunakan untuk meyakinkan pembaca.
  • Menjabarkan suatu permasalahan dengan cara menganalisa dan menganalogikan.
  • Diakhiri dengan kesimpulan berupa pendapat yang lebih luas bukan merupakan
Adapun ciri-ciri yang lain dari paragraf argumentasi adalah:
1.bersifat nonfiksi /ilmiah,
2.bertujuan menyakinkan orang lain bahwa apa yang dikemukakan merupakan kebenaran,
3.dilengkapi bukti-bukti berupa data, tabel, gambar dll,
4.ditutup dengan kesimpulan.


Jenis dan Contoh Paragraf Argumentasi

Paragraf argumentasi dikelompokkan menjadi dua berdasarkan cara pengembangan topik utamanya, yaitu paragraf argumentasi sebab-akibat, dan paragraf argumentasi akibat-sebab. 

1.Pola pengembangan sebab-akibat, adalah paragraf yang mula-mula bertolak dari suatu peristiwa yang dianggap sebagai sebab yang diketahui lalu bergerak maju menuju pada suatu kesimpulan sebagai efek akibat.Ditandai dengan kata – kata sebab, karena, disebabkan, dikarenakan dll.

2.Pola pengembangan akibat-sebab,adalah paragraf yang mula-mula bertolak dari suatu peristiwa yang dianggap sebagai akibat yang diketahui. Kemudian bergerak menuju sebab-sebab yang mungkin telah menimbulkan akibat tadi.

Contoh Paragraf Argumentasi :

1. Pola pengembangan sebab-akibat

Pencemaran lingkungan hampir terjadi di seluruh Indonesia, terutama di kota-kota besar. Pencemaran itu, antara lain, polusi udara dari kendaraan bermotor yang jumlahnya semakin banyak, pembuangan limbah industri dari pabrik-pabrik yang tidak sesuai dengan prosedur, dan ulah masyarakat sendiri yang sering membuang sampah sembarangan . Pencemaran tersebut dapat mengakibatkan kerugian yang cukup besar. Misalnya udara menjadi kotor dan tidak sehat, menyebarnya berbagai virus dan bakteri atau menjangkitnya wabah penyakit, serta bencana banjir karena saluran-saluran air tersumbat oleh sampah.contoh paragraf argumentasi bahasa indonesia

2. Pola pengembangan akibat-sebab


Jumlah anak jalanan di kota-kota besar semakin hari semakin bertambah. Mereka memenuhi jalan-jalan utama di pusat kota dengan segala tingkah dan aksinya. Berbagai macam cara mereka lakukan agar dapat bertahan hidup di jalanan, dari cara yang sopan hingga yang paling brutal. Mereka berkeliaran di jalan dan mencari hidup dengan cara meminta-minta. Fenomena seperti ini mulai tampak menggejala ketika krisis ekonomi melanda negara kita. Krisis yang berkepanjangan menjadi penyebab kesulitan hidup di segala sektor/bidang.

Untuk mempermudah anda dalam menyusun paragraf argumentasi admin akan sedikit berbagi Langkah menyusun paragraf argumentasi:
  1. Menentukan topik/tema
  2. Menetapkan tujuan
  3. Mengumpulkan data dari berbagai sumber
  4. Menyusun kerangka karangan sesuai dengan topik yang dipilih
  5. Mengembangkan kerangka menjadi karangan argumentasi
Contoh 1 :
Jiwa kepahlawanan harus senantiasa dipupuk dan dikembangkan karena dengan jiwa kepahlawanan, pembangunan di negara kita dapat berjalan dengan sukses. Jiwa kepahlawanan akan berkembang menjadi nilai-nilai dan sifat kepribadian yang luhur, berjiwa besar, bertanggung jawab, berdedikasi, loyal, tangguh, dan cinta terhadap sesama. Semua sifat ini sangat dibutuhkan untuk mendukung pembangunan di berbagai bidang. 


Contoh 2 :
"Tingkat keamanan pengguna jalan harus ditingkatkan terutama mengenai aksi-aksi pembegalan yang terus terjadi. Salah satu langkah yang dapat mengurangi jumlah peristiwa pembegalan adalah dengan menaruh pos polisi di daerah-daerah rawan dan pengendara disarankan mengebut saat melintasi daerah yang sunyi." Tegas Bapak Kapolsek

Demikianlah informasi seputar paragraf argumentasi yang bisa admin sajikan kesempatan kali ini mudah-mudahan sedikitnya menjadi referesnsi buat anda semuanya untuk lebih memahami dan mengerti supaya anda bisa menyelesaikan tugas-tugas kantos atau sekolah. terimakasih 

Posted by Fitri Jahe
Warna Sahabat Updated at: Tuesday, February 09, 2016