Contoh Menulis Kata Pengantar Yang Baik

Contoh Menulis Kata Pengantar Yang Baik. Kata Pengatar merupakan sepatah kata dari penulis yang disampaikan kepada pembaca mengenai isi tulisannya. Dalam sebuah kata pengantar biasanya diisi dengan harapan si penulis, ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung apa yang telah ditulisnya, serta permohonan kritik dan saran yang membangun. Kata pengantar juga berisi ucapan terima kasih kepada istri, anak, ayah atau ibu dan kepada siapa tulisan itu dipersembahkan. Juga sedikit dijelaskan tujuan penulisan, apakah sebagai syarat tugas akhir dalam menempuh jenjang pendidikan tertentu atau alasan lainnya sehingga tulisan tersebut disusun.
Sebuah kata pengantar berisi hal-hal sebagai berikut :
  1. Ucapan puji syukur kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Penjelasan mengenai sebab penulisan dilakukan.
  3. Penjelasan mengenai metode pelaksanaan dalam penulisan tersebut.
  4. Untuk penulisan tugas akhir diberikan penjelasan mengenai bimbingan dan arahan yang diberikan oleh seseorang, sekelompok orang, institusi, organisasi atau lembaga.
  5. Ucapan terima kasih kepada semua pihak baik itu perorangan institusi, organisasi atau lembaga yang telah membantu.
  6. Harapan-harapan si penulis atas tulisan yang dibuat tersebut.
  7. Manfaat tulisannya kepada pembaca, permohonan maaf atas segala kekurangan dalam penulisan, serta kesediaannya untuk menerima kritik dan saran yang membangun.
  8. Pada bagian akhir kata pengantar dituliskan nama kota, tanggal, bulan dan tahun serta nama lengkap penulis


KATA PENGANTAR


Alhamdulillahirobbil’alamin, puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT. Karena berkat rahmat-Nya makalah ini bias terselesaikan. Shalawat beserta salam semoga terlimpahkan kepada Nabi Muhammad Saw yang menjadi suri tauladan bagi umatnya.

Terima kasih, kami ucapkan kepara Bapak Dindin Abdul Muiz Lidinillah, S.Si.,SE. selaku dosen mata kuliah Model Pembelajaran Matematika yang telah banyak membimbing kami dalam penyelesaian maklah ini. Tidak lupa , rasa terima kasih juga kami sampaikan kepada semua pihak yang telah banyak membantu dari awal sampai akhir penyusunan.

Tak ada gading yang tak retak. Begitulah sebuah peribahasa bijak yang melukiskan keberadaan makalah ini. Dengan ketidak sempurnaanya, mudah-mudahan makalah ini bias bermanfaat bagi penyusun bahkan pembaca yang menjadikannya sebagai literature dalam proses belajar pada umumnya. Sumbangsih kritik dan saran, penyusun harapkan sebagai referensi koreksi untuk perbaikan maklah dimasa yang akan akan datang.

Tasikmalaya, Februari 2009




Penyusun